Mengapa Harga Tiket Pesawat ke Luar Negeri Lebih Murah Dibandingkan Domestik?

Minggu, 30 April 2023 - 07:31 WIB
loading...
Mengapa Harga Tiket Pesawat ke Luar Negeri Lebih Murah Dibandingkan Domestik?
Alasan harga tiket pesawat ke luar negeri lebih murah dibandingkan domestik. FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Harga tiket pesawat ke luar negeri dapat lebih murah karena beberapa faktor ekonomi dan industri penerbangan. Sejumlah faktor yang mempengaruhi di antaranya.

1. Persaingan Pasar

Ada lebih banyak maskapai penerbangan yang bersaing dalam pasar penerbangan internasional daripada dalam pasar domestik. Persaingan yang lebih kuat dapat menyebabkan harga tiket menjadi lebih rendah.

2. Jarak yang Lebih Jauh

Rute penerbangan internasional biasanya lebih panjang daripada rute domestik, tetapi biaya bahan bakar dan biaya operasional lainnya tidak selalu meningkat sebanding dengan jarak yang lebih jauh. Hal ini dapat mengakibatkan biaya per mil lebih rendah, yang akhirnya menghasilkan harga tiket yang lebih murah.

3. Regulasi

Beberapa negara mungkin memiliki aturan yang lebih ketat untuk penerbangan domestik daripada internasional, yang dapat menyebabkan biaya operasional yang lebih tinggi untuk maskapai penerbangan domestik.

4. Skala Ekonomi

Penerbangan internasional umumnya menarik lebih banyak penumpang dan kargo daripada penerbangan domestik, yang memungkinkan maskapai penerbangan untuk memanfaatkan skala ekonomi untuk mengurangi biaya per unit.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3812 seconds (0.1#10.140)