Pemerintah Diminta Evaluasi Kualitas Pesawat TNI AU

Kamis, 11 Februari 2016 - 15:44 WIB
Pemerintah Diminta Evaluasi Kualitas Pesawat TNI AU
Pemerintah Diminta Evaluasi Kualitas Pesawat TNI AU
A A A
JAKARTA - ‎Pemerintah diminta segera mengevaluasi kualitas teknologi pesawat yang dimiliki TNI AU. Hal itu dinilai penting agar peristiwa kecelakaan pesawat milik TNI AU tidak terulang kembali.

"Saya mendorong agar dievaluasi kualitas teknologi dan produknya, sehingga ke depan kalau membeli alat tempur dengan teknologi tinggi, harus dicari yang lebih bisa diandalkan,” ujar Anggota Komisi I DPR Sukamta di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Hal itu dikatakannya menanggapi peristiwa jatuhnya pesawat milik TNI AU jenis Super Tucano buatan Brazil di Malang, kemarin. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mendorong, agar investigasi jatuhnya pesawat Super Tucano itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebabnya.

"Apakah karena pesawatnya yang bermasalah ataukah karena faktor human capacity?" ucapnya. Dirinya membeberkan bahwa usia pesawat jenis Super Tucano itu tergolong belum ‎lama, karena baru dibeli.

Diketahui, peristiwa jatuhnya pesawat milik TNI AU jenis Super Tucano itu bukan pertama kali. Sebelumnya pernah terjadi‎ juga pesawat Hercules yang jatuh di Medan, F16 terbakar di Bandara Halim Perdanakusuma, dan pesawat T-50 Golden Eagle yang jatuh saat atraksi Gebyar Dirgantara di Yogyakarta.

Maka itu, dia berharap agar segera dilakukan audit terhadap pesawat-pesawat yang dimiliki TNI AU, agar jangan sampai ada insiden serupa terjadi lagi di masa datang.

PILIHAN:
Besok, Jokowi Lantik Gubernur, Komisioner KY dan Ombudsman

KPU Usulkan Syarat Petugas Ad-Hoc Diperlonggar
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4265 seconds (0.1#10.140)