Peringati Hari Otonomi Daerah, Mendagri Beri Apresiasi ke Sejumlah Pemda

Minggu, 30 April 2023 - 04:05 WIB
loading...
Peringati Hari Otonomi Daerah, Mendagri Beri Apresiasi ke Sejumlah Pemda
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian memberikan apresiasi atau penghargaan kepada sejumlah gubernur, bupati, dan wali kota. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Otonomi Daerah diperingati setiap tanggal 25 April. Pada momentum ini, Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Muhammad Tito Karnavian memberikan apresiasi atau penghargaan kepada sejumlah gubernur, bupati, dan wali kota.

Apresiasi tersebut terkait pemerintah daerah (pemda) yang telah bersungguh-sungguh dalam Penyelengggaraan Pemerintahan di Daerah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Mendagri, bertempat di Ajungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023).

"Penghargaan diberikan setelah melalui tahapan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023. Hasilnya Kota Denpasar menempati peringkat 5 besar secara nasional," kata Mendagri dalam keterangannya.



Tito menjelaskan, hasil evaluasi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No.100.2.1.3-1109 Tahun 2023 Tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022.

"Evaluasi ini menghasilkan tiga provinsi, 10 kabupaten, dan 10 kota terbaik nasional," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali kota Denpasar, IGN Jaya Negara menerima langsung Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi secara Nasional pada saat Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023 di Makassar, bersama 10 Kota lainya di Indonesia.

Kota Denpasar sendiri menempati peringkat lima untuk kota terbaik di Indonesia di bawah Kota Semarang, Surabaya, Surakarta, dan Kota Bogor. Selanjutnya di bawah Denpasar berturut-turut Kota Makassar, Serang, Tangerang, Medan, dan Kota Pare Pare.

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dihadiri sejumlah Kepala Daerah di Indonesia. Tampak hadir Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, para Bupati/Wali kota Seluruh Indonesia. Hadir juga Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana.

Sementara Wali kota Denpasar Jaya Negara didampingi Sekda IB Alit Wiradana dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai usai menerima penghargaan, menyampaikan Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen untuk menyelenggarakan sistem kepemimpinan yang jujur, mengayomi, dan adil.

"Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Denpasar. Saya berterima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri karena sudah memberikan penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi secara Nasional pada saat Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII tahun 2023 di Makassar," jelasnya.

"Tentunya ke depannya ini merupakan suatu tantangan bagi Pemkot Denpasar untuk bisa terus meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi untuk kepentingan masyakarat Kota Denpasar," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)