alexa snippet

Potret Buram Pers Indonesia

Potret Buram Pers Indonesia
Info grafis kekerasan terhadap wartawan. (Grafis: Koran SINDO)
A+ A-
KASUS kekerasan terhadap jurnalis masih menjadi pekerjaan rumah yang terus terulang bagi dunia jurnalistik di Tanah Air menyambut peringatan Hari Pers Nasional pada 9 Februari hari ini. Kasus-kasus yang mengancam kebebasan pers tersebut harus menjadi perhatian semua pihak demi tegaknya demokrasi di negeri ini.

RENTETAN KEKERASAN TERHADAP JURNALIS 2015


14 Januari
Wartawan media cetak Manado, Marvil Rumerung dipukul seorang Polwan.

15 Januari
Wartawan Waspada, Muhammad Hannafiah mendapat teror orang tak dikenal di rumahnya di Kota Langsa, Aceh.

Wartawan Harian Suara Karya, Wisnu Bangun di Banten mengalami percobaan penganiayaan di dalam gedung DPRD Banten oleh oknum anggota dewan.

25 Januari
Wartawan tabloid Fokus, Beni Faisal di Lampung tewas ditembak.

28 Januari
Pelarangan liputan terhadap beberapa wartawan oleh Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo. Bupati melarang wartawan meliput ribuan nelayan yang melakukan demo menentang aturan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

29 Januari
Wartawan Harian pagi Cahaya Papua, Risaldi di Manokwari dianiaya massa saat melakukan wawancara terhadap salah seorang warga terkait aksi penutupan jalan raya.

30 Januari
Kamera kontributor Trans TV di Bogor, Juanda dirampas seorang dokter di RSUD Ciawi saat hendak meliput korban kecelakaan tabrakan beruntun.

19 Februari
Wartawan media lokal Bekasi, Randy Yosetiawan Priogo dikeroyok sejumlah orang tak dikenal.

23 Maret
Kontributor Berita Satu TV di Ternate, Ibeng menjadi korban kekerasan oknum polisi saat meliput reka ulang kasus pembunuhan di wilayah itu.

dibaca 13.100x
halaman ke-1 dari 5
loading gif
Top