Serangan Rudal Besar-besaran Rusia Tewaskan 26 Orang di Ukraina

Sabtu, 29 April 2023 - 06:18 WIB
loading...
Serangan Rudal Besar-besaran Rusia Tewaskan 26 Orang di Ukraina
Bangunan di Mykolaiv, Ukraina, terbakar akibat serangan rudal Rusia. Serangan rudal besar-besaran Rusia di Ukraina pada Jumat menewaskan 26 orang, termasuk beberapa anak. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Serangan rudal besar-besaran Rusia menyasar sejumlah kota di Ukraina pada hari Jumat, menewaskan 26 orang termasuk lima anak. Serangan ini terjadi ketika Kiev mengumumkan bahwa persiapan untuk serangan balasan terhadap pasukan Moskow hampir selesai.

Serangan sekitar 23 rudal dan dua drone kemarin termasuk menghantam blok perumahan di kota bersejarah Uman di Ukraina tengah. Di lokasi serangan itulah wartawan AFP melaporkan bahwa para petugas penyelamat mengeluarkan sisa-sisa jasad korban dari bangunan perumahan yang hancur.

Gempuran hampir dua lusin rudal itu mengakhiri jeda selama seminggu setelah serangan berulang Rusia yang bertujuan untuk melumpuhkan jaringan energi Ukraina selama bulan-bulan musim dingin.



Pada Jumat malam, para pekerja di Uman, tempat ziarah tahunan Hasid, menarik jenazah anak lainnya dari bawah reruntuhan. Pihak berwenang mengatakan rudal jelajah Rusia menewaskan 23 orang—termasuk empat anak—di Uman.

"Saya ingin melihat anak-anak saya, mereka berada di bawah reruntuhan," kata Dmitry, warga setempat berusia 33 tahun asal Luhansk, sebuah kota timur yang dikuasai Rusia, pada hari sebelumnya.

Tim penyelamat menggunakan derek untuk mencari korban selamat di antara sisa-sisa blok perumahan bertingkat di pusat kota berpenduduk 80.000 jiwa.

"Saya sudah banyak melihat, tapi saya belum pernah kehilangan anak saya sebelumnya. Sekarang saya ingin melihat anak saya hidup atau mati," kata Dmitry.

Rudal Rusia juga menghantam pusat kota Dnipro, yang sudah dilanda kesedihan setelah serangan bulan Januari di sebuah blok menara yang menewaskan lebih dari 40 orang.

Pihak berwenang mengatakan serangan di Dnipro menewaskan seorang wanita berusia 31 tahun dan putrinya yang berusia dua tahun saat tidur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)