Survei PolMark: Cak Imin Cawapres Paling Potensial

Jum'at, 28 April 2023 - 20:27 WIB
loading...
Survei PolMark: Cak Imin Cawapres Paling Potensial
Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar sangat potensial menjadi cawapres berdasarkan survei PolMark. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei PolMark Indonesia merilis hasil temuannya soal calon wakil presiden (cawapres) potensial di Pilpres 2024. Hasilnya, nama Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sangat potensial dibanding kandidat lainnya.

"Jadi, kalau sebagai cawapres justru Cak Imin sangat potensial," kata Direktur Survei PolMark Indonesia, Eko Bambang Subiantoro kepada wartawan, Jumat (28/04/2023).

Eko melanjutkan, berdasarkan temuan PolMark Research Center (PRC)-PolMark Indonesia, nama Cak Imin yang belakangan ini senyap malah melesat menggungguli kandidat calon wakil presiden (cawapres) lainnya, terutama di Jawa Timur.



Khusus di wiayah Jatim, Cak Imin menempati posisi teratas dengan 11,5%, Kbofifah Indar Parawansa 5,8%, Ridwan Kamil 1,9%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 1,8%, Puan Maharani 1,5%, dan lainnya di bawah 1%.

Menurut Eko, Cak Imin juga masuk dalam bursa calon presiden (capres). Ketum PKB itu berada di urutan kelima sebagai kandidat capres secara nasional dengan perolehan 4,8% di bawah Ridwan Kamil yang mendapatkan 5,2%.

"Nama Cak Imin belakangan ini justru berjejer dengan nama-nama capres lainnya seperti Prabowo, Anies, dan Ganjar. Cak Imin tidak hanya masuk dalam radar survei sebagai cawapres,” kata Eko.

Survei PolMark Indonesia ini dilakukan di 77 Dapil sejak 23 Januari sampai 17 Maret 2023, ditambah satu Dapil lagi diadakan lebih awal, yaitu 26 Oktober sampai 3 November 2022, sehingga total keseluruhan agregat data 78 survei Dapil.



Survei dilakukan dengan menggunakan metode wawancara terhadap 62.480 responden yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, dengan margin of eror kurang lebih 0,4%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)