Sita Kapal di Teluk Oman, Ini Alasan Iran

Jum'at, 28 April 2023 - 17:50 WIB
loading...
Sita Kapal di Teluk Oman, Ini Alasan Iran
Iran mengkonfirmasi telah menyita kapal di Teluk Oman. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Militer Iran mengkonfirmasi pasukan Angkatan Lautnya telah menyita kapal berbendera Kepulauan Marshal di Teluk Oman. Itu dilakukan karena kapal tersebut berusaha melarikan diri setelah bertabrakan dengan kapal Irak.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah, militer Iran mengatakan insiden itu terjadi pada Rabu malam di Teluk Oman, mengakibatkan beberapa awak kapal Iran hilang dan menderita luka-luka.

"Angkatan Laut Iran kemudian mencegat kapal yang melarikan diri di Teluk Oman dan mengarahkannya ke perairan pesisir Iran," kata pernyataan itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (28/4/2023).



Sebelumnya, Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan pasukan Iran merebut kapal tanker minyak berbendera Kepulauan Marshall Advantage Sweet saat transit di perairan internasional di Teluk Oman.

Angkatan Laut AS mengkritik pelecehan berkelanjutan terhadap kapal dan campur tangan Iran dengan hak navigasi di perairan regional. AS pun menyerukan pembebasan segera kapal tanker minyak tersebut.

“Dalam dua tahun terakhir, Iran secara tidak sah telah menyita setidaknya lima kapal komersial yang berlayar di Timur Tengah,” kata Angkatan Laut AS.



Manajer kapal, sebuah perusahaan Turki bernama Advantage Tankers, mengeluarkan pernyataan yang mengakui bahwa Advantage Sweet dikawal oleh Angkatan Laut Iran ke sebuah pelabuhan atas dasar perselisihan internasional.

“Keselamatan dan kesejahteraan anggota kru kami yang berharga adalah prioritas No. 1 kami,” kata perusahaan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)