PAN Masuk, Hanura Khawatir Kabinet Oleng

Minggu, 27 Desember 2015 - 23:09 WIB
PAN Masuk, Hanura Khawatir Kabinet Oleng
PAN Masuk, Hanura Khawatir Kabinet Oleng
A A A
JAKARTA - Isu reshuffle atau perombakan kabinet kembali mencuat. Beredar kabar Partai Amanat Nasional (PAN) akan mendapatkan kursi menteri dalam Kabinet Kerja.

Isu masuknya PAN dalam Kabinet Kerja mendapatkan tanggapan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Nurani), partai yang telah mendukung Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) saat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2014 lalu.

Ketua DPP Partai Hanura, Miryam S Haryani mengibaratkan kabinet Jokowi-JK seperti kapal berpenumpang.

"Kapal sudah penuh, kalau tambah penumpang awas oleng (hilang keseimbangan). Sudah sering saya sampaikan baik melalui ketum saya (Wiranto) maupun rapat-rapat dalam koalisi agar sebaiknya dipertimbangkan dengan baik apabila kapal yang dinakhodai Jokowi-JK harus mengangkut penumpang baru, khawatirnya kapasitas kapal sudah overload," tutur Miryam kepada wartawan di Jakarta, Minggu (27/12/2015).

Dia mengatakan Hanura merupakan partai yang telah mendukung Jokowi-JK sejak Pilpes 2014 sampai hari ini."Lalu penumpang baru ini harus jelas darimana tiket diperoleh dan bagaimana prosesnya," kata Miryam.

Menurut dia, reshuffle kabinet sebagai langkah yang baik selama bertujuan memperbaiki kinerja pemerintah. (Baca juga: PAN Akui Ada Tawaran Masuk Kabinet)

Dia berharap, menteri yang baru harus lebih baik dari sebelumnya. "Jangan asal-asalan agar benar-menghadirkan solusi," ujarnya.

Menurut Miryam, sebaiknya reshuffle ditunda apabila dilakukan karena hanya desakan berbagai pihak yang ingin memanfaatkan momentum atau kepentingan kelompoknya dalam kabinet.

"Karena sudah terlalu sering terjadi riak-riak politik sejak Jokowi-JK dilantik hingga saat ini," katanya.

PILIHAN:

Tiga Anggota Kabinet Jokowi Ini Dinilai Layak Diganti
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7898 seconds (0.1#10.140)