JK Minta Umat Beragama Tiru Cara Toleransi Rasulullah

Jum'at, 25 Desember 2015 - 01:57 WIB
JK Minta Umat Beragama Tiru Cara Toleransi Rasulullah
JK Minta Umat Beragama Tiru Cara Toleransi Rasulullah
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, banyak hal yang perlu diteladani umat Islam dari sifat kepemimpinan Nabi Muhammad saw. Termasuk sikap Nabi Muhammad terhadap pemeluk agama lain.

JK mengaku banyak hal yang patut dicontoh dari perilaku Rasulullah untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Tentu keteladanan banyak, sisi kehidupan banyak, kehidupan sehari-hari, ibadah agama, ekonomi, banyak‬," kata JK usai menghadiri peringatan Maulid Nabi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis 24 Desember 2015.

JK menjelaskan, dalam sejarah, Nabi Muhammad dipandang sebagai sosok yang pandai menghargai perbedaan. Hal itu ditunjukkan Rasulullah saat menghadapi pemeluk agama lain di Madinah.

Menurutnya, meski terdapat perbedaan pendapat dan keyakinan, Muhammad dinilai pandai dalam menempatkan sikap toleransinya.

"Piagam Madinah di zaman rasulullah itu dihadiri Rasulullah. Masyarakat Yahudi hadir, Nasrani hadir tentu muslim apalagi. Zaman itu semua hadir menandatangani piagam madinah, dalam perbedaan kehidupan sehari hari," pungkasnya.

Pilihan:

Alasan Yusril Mundur sebagai Kuasa Hukum RJ Lino
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7188 seconds (0.1#10.140)