AS Memata-matai Zelensky, Retas Komunikasi Presiden Ukraina

Senin, 10 April 2023 - 21:34 WIB
loading...
AS Memata-matai Zelensky, Retas Komunikasi Presiden Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Amerika Serikat (AS) telah memata-matai Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, berdasarkan dugaan laporan intelijen yang bocor secara online pekan lalu.

Laporan itu dilansir RT.com pada Senin (10/4/2023). File rahasia yang seharusnya terkait dengan konflik Ukraina-Rusia, termasuk pengiriman data intelijen harian dari medan perang.

AS diduga mengawasi pemimpin Ukraina menggunakan intelijen sinyal, yang didefinisikan oleh Badan Keamanan Nasional sebagai komunikasi yang dicegat dari perangkat elektronik.

Satu sumber yang dekat dengan Zelensky dikutip mengatakan berita itu "tidak mengejutkan," menambahkan bahwa para pejabat di Kiev "sangat frustrasi" tentang kebocoran tersebut.

Menurut dokumen yang bocor, laporan intelijen AS mengatakan bahwa pada akhir Februari, Zelensky "menyarankan untuk menyerang lokasi penempatan Rusia di Oblast Rostov Rusia" dengan drone karena Kiev tidak memiliki senjata jarak jauh yang dapat mencapai target sejauh itu.



Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan tahun lalu bahwa Kiev berjanji tidak menggunakan beberapa peluncur roket HIMARS buatan Amerika untuk menyerang sasaran jauh di dalam Rusia.

Beberapa surat kabar melaporkan pada saat itu, untuk menghindari eskalasi tambahan dengan Moskow, Washington memodifikasi peluncur yang dikirim ke Ukraina sehingga mereka tidak dapat menembakkan proyektil jarak jauh.

Drone telah digunakan untuk menyerang lapangan terbang, depot minyak, dan target lain di dalam Rusia setelah Moskow meluncurkan operasi militernya di negara tetangga pada Februari 2022.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bulan lalu bahwa modifikasi Ukraina dari Tu-141 Strizh buatan Soviet (Swift) UAV jatuh di Wilayah Tula, 250 km dari perbatasan dengan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)