8 Fakta Masjid al-Aqsa: Abadi di Al-Qur’an hingga Pernah Terbakar Habis

Kamis, 06 April 2023 - 14:59 WIB
loading...
8 Fakta Masjid al-Aqsa: Abadi di Al-Qur’an hingga Pernah Terbakar Habis
Ada 8 fakta tentang Masjid al-Aqsa di Yerusalem yang jarang diketahui. Masjid ini kembali diserang pasukan Israel saat Ramadan. Foto/Life in Saudi Arabia
A A A
YERUSALEM - Masjid al-Aqsa di Yerusalem kembali menjadi sorotan dunia setelah pasukan polisi Israel menyerbu dan menyerang jamaah Muslim Palestina saat Ramadan. Tempat itu menjadi salah satu situs tersuci umat Islam, tapi juga menjadi titik nyala ketegangan dengan umat Yahudi Israel.

Polisi Israel menyerbu Masjid al-Aqsa untuk kedua kalinya pada Rabu malam, beberapa jam setelah mereka pertama kali menggerebek kompleks situs suci tersebut dan menangkap ratusan warga Palestina meskipun ada kecaman dari dunia Arab dan Muslim.

Insiden itu terjadi saat para jamaah Muslim menjalankan ibadah salat selama bulan suci Ramadan dan umat Yahudi merayakan Paskah pada Rabu malam. Serbuan pasukan Israel memicu milisi di Gaza menembakkan beberapa roket ke negara Yahudi, diklaim sebagai pembalasan.

Selama insiden pertama pada Rabu pagi, rekaman video yang dibagikan di media sosial menunjukkan pasukan polisi Israel menyerang orang-orang yang berteriak dengan pentungan di dalam gedung yang gelap. Saksi mata mengatakan kepada CNN bahwa polisi telah menghancurkan pintu dan jendela untuk memasuki masjid dan mengerahkan granat kejut dan peluru karet begitu masuk.



Video yang dibagikan oleh polisi Israel menunjukkan pasukan menahan perisai anti-huru hara saat kembang api diluncurkan ke arah mereka, memantul dari dinding.

Polisi Israel menyampaikan alasan mengapa pasukannya menyerang Masjid al-Aqsa. "Pasukan memasuki al-Aqsa setelah ratusan perusuh dan penoda masjid (telah) membarikade diri mereka sendiri di dalamnya. Ketika polisi masuk, mereka dilempari batu, dan kembang api ditembakkan dari dalam masjid oleh sekelompok besar agitator,” bunyi pernyataan polisi Israel.

Bulan Sabit Merah Palestina di Yerusalem mengatakan sedikitnya 12 orang terluka dalam bentrokan di dalam dan sekitar masjid, dan sedikitnya tiga orang yang terluka dibawa ke rumah sakit, beberapa dengan luka akibat peluru karet.

Bulan Sabit Merah menambahkan bahwa pada satu titik ambulansnya menjadi sasaran polisi Israel dan dicegah untuk menjangkau korban luka.


8 Fakta Masjid al-Aqsa yang Jarang Diketahui


Terlepas dari ketegangan yang selalu terulang di situs suci itu, ada setidaknya delapan fakta tentang Masjid al-Aqsa yang jarang diketahui. Berikut ulasannya.

1. Bukan Hanya Satu Masjid


Sebenarnya ada beberapa masjid di situs yang dikenal sebagai Masjid Al-Aqsa. Kebanyakan orang cenderung menganggap Masjid Al-Aqsa sebagai bangunan di sudut paling selatan. Sebenarnya, itu adalah Masjid Qibali-–disebut demikian karena paling dekat dengan kiblat. Sedangkan seluruh kompleks tersebut dikenal sebagai Masjid Al-Aqsa yang Diberkati. Itu juga disebut sebagai al-Haram ash-Sharif (Suaka Mulia).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)