Wow, Venus Punya 85.000 Gunung Berapi dengan Diameter 5 Km

Selasa, 04 April 2023 - 20:27 WIB
loading...
Wow, Venus Punya 85.000 Gunung Berapi dengan Diameter 5 Km
Planet Venus yang misterius ternyata memiliki 85.000 gunung berapi dan sebanyak 99% berdiameter kurang dari 5 Km. Foto/earthsky
A A A
WASHINGTON - Planet Venus yang misterius ternyata memiliki 85.000 gunung berapi dan sebanyak 99% berdiameter kurang dari 5 Km. Namun, belum diketahui bagaimana status gunung berapi itu karena planet Venus seluruhnya diselimuti awan.

NASA pada Maret 2023 mengumumkan bukti definitif pertama untuk gunung berapi aktif di Venus. Kemudian, para ilmuwan di Universitas Washington di St Louis merilis peta baru gunung berapi Venus yang menakjubkan, semuanya berjumlah 85.000.

Ilmuwan planet Paul Byrne dan Rebecca Hahn mengumumkan publikasi peta baru itu pada 29 Maret 2023. Peta tersebut adalah bagian dari studi baru peer-review yang mereka terbitkan di JGR Planets pada 24 Maret 2023.



Jumlah ini mengalahkan gunung berapi di Bumi, sesuai data Survei Geologi AS ada sekitar 1.350 gunung berapi yang berpotensi aktif. Di Bumi, gunung berapi terbagi dalam tiga kategori, yaitu aktif, tidak aktif, atau punah.

Sayang, para peneliti belum mengetahui bagaimana status gunung berapi di Planet Venus yang orbitnya satu langkah lebih dekat ke matahari daripada Bumi. Namun, misteri Venus sebagai dunia gunung berapi di bawah awannya, perlahan mulai terungkap.

Peta baru gunung berapi Venus didasarkan pada gambar radar dari awal 1990-an, yang diperoleh melalui misi Magellan NASA. Para peneliti mengatakan bahwa peta baru ini adalah yang paling komprehensif yang pernah dibuat, menunjukkan semua gunung berapi Venus yang diketahui, baik besar maupun kecil.

Meski Venus seluruhnya tertutup awan, pesawat antariksa seperti Magellan milik NASA telah memetakan planet tersebut menggunakan radar. Para peneliti menggunakan citra radar dari misi Magellan untuk menyusun peta.



Ternyata, basis data citra itu berisi 85.000 gunung berapi yang luar biasa. “(Penelitian) ini memberikan peta terlengkap dari semua bangunan vulkanik di Venus yang pernah disusun,” kata Bern dikutip dari laman earthsky, Selasa (4/4/2023).
Wow, Venus Punya 85.000 Gunung Berapi dengan Diameter 5 Km


Dengan peta radar apertur sintetis Magellan resolusi tinggi 75 meter per piksel, menghasilkan katalog global gunung berapi di Venus yang berjumlah sekitar 85.000 dan sekitar 99% di antaranya berdiameter kurang dari 5 km.

Sementara itu, Hann menjelaskan bahwa 85.000 gunung berapi itu bukan jumlah total gunung berapi di Venus. Para peneliti mengatakan mungkin ada ratusan ribu fitur vulkanik di planet ini.

Hanya saja kebanyakan gunung berapi berukuran lebih kecil dan lebih sulit ditemukan menggunakan citra radar. “Gunung berapi berdiameter 1 kilometer dalam data Magellan akan berukuran tujuh piksel, yang sangat sulit dilihat. Namun dengan resolusi yang lebih baik, kami dapat menyelesaikan struktur tersebut,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)