DPRD Sorot Layanan Bus Transjakarta dalam LKPJ 2022, Ini Catatannya

Selasa, 04 April 2023 - 11:26 WIB
loading...
DPRD Sorot Layanan Bus Transjakarta dalam LKPJ 2022, Ini Catatannya
DPRD DKI Jakarta menjadikan pelayanan bus Transjakarta salah satu catatan dalam pembahasan LKPJ penggunaan APBD tahun 2022. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi B DPRD DKI Jakarta menjadikan pelayanan bus Transjakarta salah satu catatan dalam pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan APBD tahun 2022.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ) mengatakan pelayanan armada bus Transjakarta belakangan dikeluhkan penggunanya mulai dari suasana berdesakan dalam kabin bus hingga waktu tunggu yang tak lagi konsisten.

“Tadi pagi, saya ketemu dengan beberapa mahasiswa mereka mengeluhkan itu. Mereka bilang sekarang naik busway itu susah. Harusnya kenaikan realisasi target penumpang diikuti dengan perbaikan pelayanan yang akan diberikan,” kata MTZ, Selasa (4/4/2023).



Berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta jumlah penumpang angkutan umum tercatat berjumlah 3.622.045 orang per hari di tahun 2022. Sementara target Dishub di tahun yang sama penumpang angkutan umum hanya sebanyak 1.140.554 orang per hari.

“Di satu sisi memang kelihatan berhasil, lebih banyak dari target. Tapi disisi lain saya melihat ada penurunan kualitas pelayanan pada transportasi publik. Karena waktu nunggu jadi lebih lama, kemudian berdesak-desakan,” ujarnya.



Anggota Komisi B DPRD DKI Gilbert Simanjuntak menyebut terlepas dari capaian-capaian Dishub DKI dalam pelaksanaan program kerja tahun 2022, pelayanan Transjakarta banyak disorot pengguna karena kualitas pelayanan yang menurun.

”Layanan transjakarta sebagai operasionalnya di bidang angkutan diluar dari pengendalian kemacetan, terminal. Costumer kita ini mengatakan, transjakarta bukan makin baik. Frekuensi kedatangan, headway, atau bahkan hari-hari tertentu tidak ada bus TJ,” katanya.

Merespons hal itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengakui terjadinya lonjakan jumlah pengguna angkutan umum pada tahun 2022. Pihaknya juga mengantisipasi itu dengan berpatokan pada target penumpang mencapai 1 juta orang per hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)