Ruhut Dukung Surat Edaran Kapolri Terkait Hate Speech

Senin, 02 November 2015 - 19:21 WIB
Ruhut Dukung Surat Edaran Kapolri Terkait Hate Speech
Ruhut Dukung Surat Edaran Kapolri Terkait Hate Speech
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul mendukung adanya surat edaran terkait ujaran kebencian atau hate speech yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti.

Dia menilai, surat edaran tersebut tidak serta merta membatasi kebebasan seseorang untuk berpendapat. Melainkan agar pihak-pihak yang ingin mengeluarkan aspirasi atau pendapat lebih bisa dipertanggungjawabkan ucapannya.

"Jadi saya setuju. Saya dukung Kapolri. Kebebasan itu harus bertanggung jawab. Ada pepatah di kampung saya, mulutmu harimaumu. Jadi kalau sudah berani berucap, pertanggungjawaban ucapan itu, jangan suka-suka," ujar Ruhut saat di hubungi wartawan, Senin (2/11/2015).

Menurutnya, hukuman bagi hate speech tersebut memang seharusnya perlu ditambah. Pasalnya, Ruhut menilai, hate speech telah merusak hakikat demokrasi di era reformasi.

"Kau buka saja online, tiap hari saya dimaki anjing, babi, segalanya. Saya diam saja. ‎Tiap hari DPR itu dimaki koruptor. Saya kata KPK, saya yang paling bersih. Tapi semua disamakan kan. Kalau perlu lebih banyak lagi (denda dan hukuman), jangan sembarangan ngomong lah," tandasnya.

PILIHAN:

Politikus PPP Ini Apresiasi Polisi Berlakukan Hate Speech

PKS: Surat Edaran Hate Speech Jangan Bungkam Rakyat Berpendapat
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7305 seconds (0.1#10.140)