5 Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur, Nomor 3 Paling Didambakan Umat Muslim

Sabtu, 25 Maret 2023 - 23:29 WIB
loading...
5 Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur, Nomor 3 Paling Didambakan Umat Muslim
Keutamaan wudhu sebelum tidur selain didoakan oleh Malaikat, juga mendapat fadhilah wafat husnul khatimah karena akhir amalnya adalah bersuci dan dzikir. Foto ilustrasi/Akhbarak
A A A
Wudhu sebelum tidur merupakan sunnah Nabi yang di dalamnya terkandung keutamaan besar. Selain menyucikan kotoran, berwudhu sebelum tidur dapat meninggikan derajat seseorang di sisi Allah.

Bahkan, mereka yang membiasakan wudhu sebelum tidur akan meraih keutamaan husnul khatimah, kematian yang didambakan setiap muslim.

Ada lima keutamaan berwudhu sebelum tidur yang patut diketahui umat muslim. Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأ وُضُوءَكَ للِصَّلاةِ

Artinya: "Apabila kamu hendak tidur, maka berwudhulah sebagaimana kamu berwudhu untuk sholat." (HR Muslim Nomor 4884)

Ustaz Abdul Wahid Al-Faizin dalam satu kajian menyebutkan beberapa keutamaan wudhu sebelum tidur yang bersumber dari Kitab Ikmalul Muallim Bi Fawaid Muslim. Dalam kitab itu, Qadhi 'Iyadh menjelaskan beberapa hikmah dari wudhu sebelum tidur sebagai berikut:

الوضوء للنوم مخافة أن يتوفاه الله على غير طهارة. وليكون أصدق لرؤياه وأبعد من تلعب الشيطان به فى منامه وترويعه، وليكون إن مات آخر عمله من الدنيا الطهارة وذكر الله، ولما جاء: أنه فى صلاة أو ذكر حتى يستيقظ

1. Jika Meninggal Maka Wafatnya dalam Keadaan Suci
Orang yang berwudhu sebelum tidur, apabila ia meninggal dunia saat tidur, maka dia meninggal dalam keadaan suci.

2. Dipelihara dari Mimpi Buruk
Keutamaan kedua akan dipelihara dari mimpi buruk. Ketika tidur dalam keadaan berwudhu maka mimpinya adalah mimpi yang benar dan dijauhkan dari godaan setan.

3. Wafat Husnul Khatimah
Keutamaan berikutnya adalah meraih fadhilah wafat keadaan husnul khatimah (kematian yang baik). Apabila berwudhu sebelum tidur dan ia meninggal dunia, maka ia wafat husnul Khatimah karena akhir amalnya adalah bersuci dan dzikir.

4. Seperti Orang Sholat Sampai Dia Bangun
Ada riwayat menyatakan bahwa orang yang wudhu sebelum tidur, maka selama dia tidur dianggap seperti orang mengerjakan sholat atau berdzikir sampai dia bangun.

5. Didoakan Para Malaikat
Selain keempat keutamaan di atas, ada satu riwayat Hadis menerangkan fadhilah wudhu sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga Malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci." (HR Ibnu Hibban 3/329)

Itulah kabar gembira bagi orang yang berwudhu sebelum tidur. Keutamaan lainnya diterangkan dalam Hadis riwayat Imam Al-Bukhari. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari Kiamat nanti dalam keadaan dahi dan kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu." (HR Al-Bukhari)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5483 seconds (0.1#10.140)