Lagi, PDIP Didesak Segera Cari Pengganti Puan

Senin, 28 September 2015 - 06:15 WIB
Lagi, PDIP Didesak Segera Cari Pengganti Puan
Lagi, PDIP Didesak Segera Cari Pengganti Puan
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diminta bijak menyikapi kadernya, Darmawan Prasodjo yang memilih tetap membantu Presiden Jokowi sebagai Deputi I Bidang Monitoring dan Evaluasi Kantor Staf Kepresidenan. Sehingga, PDIP disarankan agar segera mencari pengganti Puan Maharani di DPR, selain Darmawan.

"Sikap Darmono yang tetap memilih bertugas sebagai salah satu staf deputi Kantor Staf Kepresidenan harus segera disikapi untuk menetapkan pengganti lain, dan bukan malah dibuat untuk mengulur-ulur Penggantian Antar Waktu (PAW)," kata pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Idil Akbar kepada Sindonews, Minggu (27/9/2015).

Darmawan merupakan calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 yang meraih suara terbanyak di bawah Puan Maharani di Daerah Pemilihan Jawa Tengah V (Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta).

"PDIP harus bijak soal ini, sebab sekali lagi ini perintah undang-undang, masak mau menentang perintah undang-undang tersebut," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, perintah undang-undang adalah tak boleh ada rangkap jabatan bagi anggota DPR. "Lagian ini sudah cukup lama sejak Puan dilantik menjadi menteri, seharusnya Fraksi PDIP paham itu dan segera melakukan PAW."

Sebelumnya, selain Puan yang kini sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, PDIP mengaku sudah menyiapkan pengganti dua kadernya di DPR.

Adapun pengganti Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebagai anggota DPR adalah Eva Kusuma Sundari. Sementara pengganti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di DPR adalah Tuti Rusdiyono. (Baca juga: Megawati Ingin Pengganti Puan Tetap Bantu Jokowi).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9222 seconds (0.1#10.140)