'Aksi' di Luar Lapas, Komisi III DPR Yakin Bukan Hanya Gayus

Sabtu, 26 September 2015 - 15:21 WIB
Aksi di Luar Lapas, Komisi III DPR Yakin Bukan Hanya Gayus
'Aksi' di Luar Lapas, Komisi III DPR Yakin Bukan Hanya Gayus
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Dwi Ria Latifa menilai, aksi yang kembali dilakukan terpidana penggelapan pajak, Gayus Tambunan dianggap meledek. Pasalnya, aksi Gayus di luar penjara bukan kali ini saja.

"Saya enggak yakin. Bukan cuma Gayus lakuin ini, tapi ada yang lain. Cuma Gayus yang ketangkap basah, dia ini emang ngeledek," ujar Dwi saat diskusi Mingguan Polemik SindoTrijayaFM bertajuk 'Bebas Lepas di Lapas' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2015).

Pernah menjadi praktisi hukum selama 25 tahun, Dwi yang juga Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menuturkan, undang-undang secara gamblang menegaskan, izin keluar bagi narapidana boleh diberikan atas dasar kemanusiaan.

Hal tersebut pun masih harus mendapat izin Kepala Lapas. Menurut Dwi, aksi yang dilakukan Gayus dianggap karena lemahnya pengawasan dari petugas Lapas. Jauh dari itu semua, petugas Lapas disinyalir masih gampang untuk diiming-imingi uang agar memberi kebebasan terhadap warga binaan yang berduit.

Dia mengatakan, faktor integritas petugas lapas lebih penting di samping juga profesionalisme kerja. "Fenomena yang tidak bisa dibohongi dengan uang bisa dapat fasilitas-fasilitas seperti itu," tukasnya.

Sebelumnya, dalam foto yang beredar beberapa waktu lalu, Gayus terlihat makan di sebuah restoran dengan mengenakan kaos biru, celana jeans dan topi biru serta memakai jam tangan.

Foto itu diunggah oleh salah satu pengguna akun jejaring sosial. Atas kejadian itu, Gayus kini telah dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Kabupaten Bogor dan ditempatkan di ruang khusus.

Pilihan:

Akhir Pekan, Hastag #SayonaraJokowi Trending Topic di Twitter

Kesaksian Jamaah Selamat Tragedi Mina
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8570 seconds (0.1#10.140)