Bertemu Rusia, Menhan Akan Beli Pesawat Tempur Sukhoi

Selasa, 22 September 2015 - 02:58 WIB
Bertemu Rusia, Menhan Akan Beli Pesawat Tempur Sukhoi
Bertemu Rusia, Menhan Akan Beli Pesawat Tempur Sukhoi
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menyatakan, akan bertemu pihak Rusia untuk membicarakan rencana pembelian pesawat Sukhoi jenis terbaru SU-35. Menurut Ryamizard, pertemuan tersebut akan digelar akhir bulan September 2015.

"Kita akan bertemu dengan pihak Rusia akhir bulan mendatang," kata Ryamizard di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin 21 September 2015.

Diakui Ryamizard, pengadaan pesawat Sukhoi jenis terbaru itu akan dilakukan bertahap. Hal itu kata Ryamizard, lantaran ada pemangkasan anggaran yang dialokasikan untuk pertahanan.

Dalam rapat kerja antara Menhan dengan Komisi I DPR, alokasi angggaran pertahanan pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 lebih rendah jika dibandingkan APBN 2015.

"Ada pengurangan sekitar 10 triliun. Tahun 2015 itu sebesar 102 triliun," ucap Ryamizard.

Namun demikian, berkurangnya anggaran pertahanan tidak menyurutkan niat pemerintah untuk membeli pesawat baru. Ryamizard mengatakan, saat ini alat utama sistem persenjataan (alutsista), khususnya jenis pesawat tempur yang dimiliki Indonesia sudah uzur.

Hingga kini, TNI Angkatan Udara (AU) masih menggunakan pesawat tempur F-5 Tiger yang sudah berusia sekitar 40 tahun. Menurut Ryamizard, saking uzurnya pesawat tempur jenis F-5 yang dimiliki TNI AU, membuat sebagian pilot enggan menggunakannya.

Karenanya, Ryamizard berharap pembelian SU-35 sebagai pengganti, dapat dilakukan secepatnya. "F-5 sudah 40 tahun, pilot terbang saja takut, makanya harus beli yang baru. Tapi bertahap dan tidak beli satu skuadron sekaligus," tandas Ryamizard.

Pilihan:

Yusril: Jokowi Jangan Jadi Presiden kalau Begini Caranya

Yusril Klaim PBB Lebih Kuat dari PDIP
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0019 seconds (0.1#10.140)