Keberadaan IKN Diharapkan Jadi Simbol Identitas Nasional

Selasa, 14 Maret 2023 - 03:20 WIB
loading...
Keberadaan IKN Diharapkan Jadi Simbol Identitas Nasional
Kegiatan sertifikasi kompetensi kerja secara gratis kepada kurang lebih 100 Tenaga Kerja Konstruksi di Provinsi Kaltim. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Keberadaan Otorita Ibu Kota Nusantara ( IKN ) diharapkan bisa menjadi simbol identitas nasional serta penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Pengelolaan Gedung, Kawasan, dan Perkotaan Otoritas IKN , Desiderius Viby Indrayana.

Menurutnya, pembangunan IKN merupakan salah satu program strategis nasional yang tujuannya untuk membangun kawasan IKN sebagai kota dunia yang green, smart, and sustainable.

"Dibutuhkan peran multistakeholders dalam upaya membangun IKN serta segenap dukungan sumber daya manusia khususnya sumber daya yang berkualitas, kompeten serta profesional," kata Desiderius Viby Indrayana, Senin (13/3/2023).

Baca juga: Tim Transisi IKN Akan Selesaikan Referensi Tunggal Pembangunan IKN

Dia menegaskan, Kedeputian Sarana dan Prasarana Otorita IKN sangat berharap Kadin Indonesia Bidang PUPR dan Infrastruktur senantiasa mampu menginisiasi kegiatan konstruktif, kolaboratif seperti ini di masa yang akan datang.

"Demi tercapainya kesuksesan pembangunan IKN Nusantara yang berbasis kepada kinerja keselamatan dan kompetensi keteknikan," ucapnya.

Dia menjelaskan, sertifikat kompetensi kerja merupakan pengakuan terhadap sesorang atas kompetensi yang dimiliknya sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku. Sesuai dengan amanat pada Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi yang mengamanatkan penyelenggaraan kegiatan jasa konstruksi wajib dilaksanakan oleh tenaga kerja konstruksi yang kompeten yaitu tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja konstruksi.

Dia melanjutkan, Otorita IKN bertekad untuk membangun IKN dengan mengedepankan Identitas Nasional, mengubah orientasi pembangunan untuk lebih Indonesia Sentris serta mempercepat transformasi ekonomi Indonesia.

Kata dia, Otorita IKN juga memberikan apresiasi terhadap KADIN Indonesia Bidang PUPR dan Infrastruktur serta seluruh pihak yang telah memberikan perhatian dan berkontribusi memberikan dukungan yang positif terhadap pembangunan IKN.

Dalam hal ini, Kadin Indonesia Bidang PUPR dan Infrastruktur didukung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kedeputian Sarana dan Prasarana OIKN, Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM), Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalimantan Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)