Meriahkan Women's Day Run 10K di Senayan, Gus Muhaimin: Semangat Kesetaraan Perempuan

Minggu, 12 Maret 2023 - 16:57 WIB
loading...
Meriahkan Womens Day Run 10K di Senayan, Gus Muhaimin: Semangat Kesetaraan Perempuan
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengibarkan bendera pertanda dimulainya Womens Day Run 10K di Kompleks DPR Senayan, Jakarta, Minggu (12/3/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar memeriahkan Women's Day Run 10K di Kompleks DPR Senayan, Jakarta, Minggu (12/3/2023). Momen ini merupakan wujud penghargaan dan apresiasi terhadap perempuan di seluruh dunia.

"International Women's Day ini punya makna penting sebagai wujud penghargaan dan apresiasi kita terhadap perempuan di seluruh dunia dalam memperjuangkan hak-hak perempuan tanpa memandang asal, etnis, bahasa, budaya, dan ekonomi serta pandangan politik," ujarnya.
Baca juga: Pedagang Jembatan Item Jatinegara Deklarasikan Dukungan untuk Muhaimin

Menurut Gus Muhaimin, semangat kesetaraan harus terus digelorakan bersama lebih dari 3.000-an peserta Run 10K dan masyarakat Indonesia. Dia berharap semangat merangkul kesetaraan dan inklusi semakin cerah di Indonesia di tengah tantangan indeks kesetaraan gender yang masih rendah.

Meski demikian, dia bersyukur saat ini kesetaraan gender di Indonesia mengalami perbaikan. Hal tersebut terlihat dari skor Indeks Kesenjangan Gender Global (GGGI) Indonesia yang sebesar 0,697 poin pada 2022. Indeks tersebut naik 0,009 poin dari tahun sebelumnya. Kenaikan indeks tersebut menjadikan Indonesia naik ke peringkat 92 secara global.

Pada tahun lalu, Indonesia menempati urutan 101 di dunia. Ini menunjukkan bahwa perempuan Indonesia sedikit masih tertinggal di belakang laki-laki baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga keterwakilan dalam politik

"Inilah tantangan kita bersama. Karena itu saya berkomitmen selalu merangkul kesetaraan dan inklusi dalam pembangunan di Indonesia. Terutama dalam bidang politik. Kita akan terus mendorong keterlibatan perempuan secara aktif dalam dunia politik. Kebijakan-kebijakan bias gender harus kita akhiri dan menyatakan saatnya kita merangkul kesamaan," ungkap Wakil Ketua DPR ini.

Women's Day Run 10K ini kerja sama Perempuan Bangsa, Garda Bangsa, DPR/MPR dengan Pertamina, BCA, BNI, BRI, Pegadaian, BTN, Pupuk Indonesia, dan sejumlah badan usaha lainnya bertajuk Equality Today For a Harmony Tomorrow di Kompleks DPR Senayan, Jakarta.

Kegiatan juga dihadiri sejumlah tokoh nasional antara lain Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurizal, Wabendum DPP PKB Bambang Susanto, Ketua Umum DKN Garda Bangsa Tommy Kurniawan, Ketua Umum Perempuan Bangsa Siti Mukarromah, serta seluruh anggota FPKB DPR.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)