Di ASEAN, Indonesia Negara Pertama Punya Pesawat Super Hercules

Rabu, 08 Maret 2023 - 13:39 WIB
loading...
Di ASEAN, Indonesia Negara Pertama Punya Pesawat Super Hercules
Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki Pesawat C-130 J Super Hercules. Hal tersebut diungkap KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara atau negara di ASEAN yang memiliki Pesawat C-130 J Super Hercules . Hal tersebut diungkap Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

"Ini baru lagi, dan di regional ini hanya baru Indonesia, di Asia Tenggara baru Indonesia," kata KSAU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2023).

Jika dibandingkan Pesawat Hercules tipe H dan tipe B yang sudah dimiliki TNI AU sebelumnya, Pesawat C-130 J Super Hercules memiliki bentuk relatif mirip. Namun pesawat baru itu mempunyai kelebihan di aspek avionik dan mesin.

"Kelebihannya ya mesinnya engine-nya itu baru lebih efisien, terbang lebih tinggi, lebih jauh, lebih irit, kalau kapasitas sama," ucap KSAU.

Baca juga: Perkuat TNI AU, Pesawat C-130J Super Hercules Buatan AS Tiba di Halim

Bahkan Pesawat C-130 J Super Hercules, kata KSAU, jauh lebih efisien karena hanya melibatkan tiga kru dalam penerbangan, karena pesawat sudah terkomputerisasi.

"Dulu kita. Delapan orang sekarang jadi tiga, semuanya sudah computerize," katanya.

Diketahui, Indonesia baru saja kedatangan satu dari lima Pesawat C-130 J Super Hercules pesanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk TNI Angkatan Laut.



Kelima pesawat nantinya akan ditempatkan di Skuadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, sebagai pesawat angkut berat untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AU, baik OMP, atau pun OMSP.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)