Buwas Pertanyakan Cara Berpikir JK

Jum'at, 04 September 2015 - 15:56 WIB
Buwas Pertanyakan Cara Berpikir JK
Buwas Pertanyakan Cara Berpikir JK
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso mempertanyakan cara berpikir Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi penanganan kasus di Pelindo II.

Budi Waseso atau Buwas mengakui sempat ditelepon JK, beberapa jam setelah Bareskrim menggeledah kantor Pelindo II di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Penggeledahan itu terkait pengusutan kasus dugaan korupsi proyek mobile crane. Menurut Buwas, tindakan penggeledahan di kantor Pelindo II murni penegakan hukum.

"Jangan cara berpikirnya demikian. Nanti dilihat saja perjalanan penyidikannya. Kita tidak boleh berandai-andai dan mengambil kesimpulan yang belum tentu benar," kata Buwas di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (4/9/2015).

Seperti diketahui, JK pernah mengakui menelepon Buwas pasca penggeledahan kantor Pelindo II. JK berpendapat kebijakan korporasi jangan dipidanakan. (Baca: Komjen Buwas Ditelepon Wapres JK Soal Kasus Pelindo II)

Buwas tidak setuju dengan pendapat tersebut. Menurut dia, hal tersebut dikhawatirkan merusak proses penyidikan yang dilakukan Bareskrim.

"Ya enggak bisa dong. Kalau pidananya enggak diusut, berarti tidak boleh lagi sebuah pelanggaran pidana diusut dong," tuturnya.

Sebelumnya, Direkur Utama PT Pelindo II, RJ Lino sempat meradang karena kantornya digeledah penyidik Bareskrim Polri.

Lino mengadu ke Menko Perekenomian sekaligus Kepala Bappenas Sofyan Djalil dan mengancam akan mundur karena tidak terima dengan model penggeledahan tersebut.

PILIHAN:

PKB Ingin Komjen Anang Lebih Berani dari Buwas
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7912 seconds (0.1#10.140)