Hari Ini 11 Kloter Mendarat di Jeddah

Jum'at, 04 September 2015 - 05:01 WIB
Hari Ini 11 Kloter Mendarat di Jeddah
Hari Ini 11 Kloter Mendarat di Jeddah
A A A
JEDDAH - Gelombang kedua kedatangan jamaah haji Indonesia dimulai hari ini, Jumat (4/9/2015) di Bandara King Abdul Aziz, Madinah.

Direncanakan sebanyak 11 kloter akan mendarat. Rombongan ini berasal dari kloter 33, 34, 35 Jakarta Bekasi (JKS), kloter 20, 21 Jakarta Pondok Gede (JKG), kloter 13 Medan (MES), kloter 37 Solo (SOC), kloter 8 Palembang (PLM), Kloter 9 Lampung (LOP), kloter 11 Batam (BTH) dan kloter 10 Balikpapan (BPN).

Pesawat yang pertama mendarat dari kloter 33 JKS, yakni pukul 05.50 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Kita koordinasi dengan daerah kerja Mekkah untuk kesiapan penyambutan jamaah. Sebab, seusai mendarat jamaah langsung diberangkatkan ke Mekkah naik bus," kata Kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah, Nurul Badrutmamam.

Gelombang kedua memang berbeda dengan gelombang pertama yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah yang begitu tiba langsung diantarkan ke pemondokan.

Nurul menjelaskan bahwa selepas turun dari pesawat di Bandara Jeddah, jamaah akan menjalani pemeriksaan buku kesehatan.

Selanjutnya, diarahkan ke loket pemeriksaan imigrasi. Jamaah diminta bersabar karena akan diperiksa satu-persatu.

"Baru setelah itu jamaah masuk ke Plaza Indonesia. Lokasi itu merupakan tempat jamaah mandi, dan memakai baju ihram serta salat sunah dua rakaat. Nah, biasanya saat di plaza ini yang agak repot," lanjutnya.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak jamaah yang barang-barangnya tertinggal, seperti jam, tas, paspor dan barang-barang lainnya saat mandi dan berganti kain ihram.
Karena itu, Nurul meminta jamaah mengingat-ingat barang yang dibawanya agar tidak ketinggalan.

"Kalau kesulitan memakai kain ihram, silahkan minta bantuan petugas Panitia Penyelenggara Ibadan Haji (PPIH) Arab Saudi yang ada di situ. Kami kerahkan sekitar 60 orang petugas," paparnya.

Dia memperkirakan proses pemeriksaan buku kesehatan, imigrasi, mandi, pakai kain ihram, salat sunah akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah selesai salat sunah jamaah dibariskan menjadi beberapa rombongan untuk naik bus.

"Di dalam bus, paspor jamaah akan diambil oleh muassasah. Selanjutnya diberi layanan makan oleh perusahaan katering. Perjalanan dari Bandara Jeddah sampai ke Mekkah ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6487 seconds (0.1#10.140)