Sikap Ical & Prabowo Atas Bergabungnya PAN ke Koalisi Jokowi

Kamis, 03 September 2015 - 19:41 WIB
Sikap Ical & Prabowo Atas Bergabungnya PAN ke Koalisi Jokowi
Sikap Ical & Prabowo Atas Bergabungnya PAN ke Koalisi Jokowi
A A A
JAKARTA - Sejumlah anggota Presidium Koalisi Merah Putih (KMP) baru saja menggelar pertemuan membahas langkah Partai Amanat Nasional (PAN) yang memilih bergabung dengan barisan pemerintah.

Dalam pertemuan 60 menit itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memaparkan alasan mengapa pihaknya menyeberang ke barisan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Ditemui seusai pertemuan, Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Bali Aburizal Bakrie (Ical) mengatakan, Presidium KMP telah mendengar paparan dari Zulkifli ihwal sikap politik yang diambil PAN. KMP, kata Ical, secara koalisi menghormati keputusan tersebut.

"Kita (KMP) menerima penjelasan sikap PAN bergabung dengan pemerintah," kata Ical di Bakrie Tower, Jakarta, Kamis (3/9/2015) malam.

Ical yang juga Ketua Presidium KMP itu menegaskan, tidak benar jika Zulkifli pernah menyatakan bahwa PAN bergabung dengan KIH atau keluar dari KMP. Menurut Ical, KMP sangat menghormati keputusan PAN untuk bergabung dan mendukung pemerintah dari dalam.

"KMP secara keseluruhan juga mendukung pemerintah dan memberi suatu masukan. Mendukung sikap pemerintah bila sikap itu benar, dan memberikan kritik dan koreksi bila sikap itu ternyata tidak benar atau sedikit kurang rapi," jelas Ical.

Senada dengan Ical, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan, pihaknya menghormati keputusan PAN. Melalui pembicaraan dari hati ke hati, KMP merasa perlu menjalankan mekanisme check and balance guna memperkuat bangunan demokrasi.

Menurut Prabowo, posisi KMP berada dalam mekanisme menguatkan tersebut. "Kita harus memberi koreksi-koreksi dan saran, masukan yang berarti dalam keadaan ekonomi negara sedang susah, dan rakyat kita sedang menghadapi keadaan yang sangat memprihatinkan," jelas Prabowo.

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua Umum Partai Golkar produk hasil Munas Bali Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal KMP Fahri Hamzah, Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera Taufiq Ridho dan Sekretaris Jenderal PAN Edy Soeparno.

PILIHAN:

Gabung Koalisi Jokowi, PAN Ogah Lepas KMP

Keputusan Zulkifli Hasan Dukung Pemerintah Dituding Sepihak

Kecam Zulkifli, Kader PAN: Kita Enggak Miskin-miskin Amat Kali
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5419 seconds (0.1#10.140)