Berseteru dengan AS, Anggaran Militer China Naik Gila-gilaan Rp3.456 Triliun

Senin, 06 Maret 2023 - 09:38 WIB
loading...
Berseteru dengan AS, Anggaran Militer China Naik Gila-gilaan Rp3.456 Triliun
Di tengah perseteruan dengan AS yang semakin memanas, anggaran militer China dinaikkan menjadi lebih dari Rp3.456 triliun. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Di tengah perseteruan dengan Amerika Serikat (AS) yang semakin memanas, China memutuskan untuk meningkatkan belanja militernya sebesar 7,2% tahun ini. Anggaran militer tersebut naik menjadi total sebesar 1,56 triliun Yuan (lebih dari Rp3.456 triliun).

Dalam dolar AS, anggaran militer Beijing sekarang mencapai USD230 miliar, naik hampir USD16 miliar dari anggaran tahun 2022.

Kementerian Keuangan China telah mengumumkan kenaikan belanja militer terbaru dalam laporan tahunannya pada hari Minggu, sebagaimana dilaporkan kantor berita AP, Senin (6/3/2023).

Peningkatan pengeluaran terjadi ketika AS memperingatkan potensi invasi China ke Taiwan dalam waktu dekat.



Pejabat AS juga telah memperingatkan China agar tidak mengirim bantuan senjata mematikan untuk mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Meskipun meningkat, pengeluaran militer AS masih mengerdilkan China. Militer Amerika terlibat dalam upaya di seluruh dunia, termasuk penyediaan senjata untuk membela Ukraina.

Sekadar diketahui, anggaran militer Amerika saat ini mencapai USD761,6 miliar atau lebih dari Rp11.658 triliun.

Kendati demikian, peningkatan anggaran militer China mengikuti setahun ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara China dan AS dan Taiwan.

Direktur CIA William Burns menyatakan bulan lalu bahwa Presiden China Xi Jinping telah memerintahkan militernya untuk siap menginvasi Taiwan pada tahun 2027.

“Kami tahu secara intelijen [Xi Jinping] telah menginstruksikan Tentara Pembebasan Rakyat untuk siap pada tahun 2027 untuk melakukan invasi yang berhasil,” kata Burns pada 3 Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)