Sama-sama Antibarat, Kim Jong Un Ibarat Soekarno Muda

Selasa, 01 September 2015 - 11:12 WIB
Sama-sama Antibarat, Kim Jong Un Ibarat Soekarno Muda
Sama-sama Antibarat, Kim Jong Un Ibarat Soekarno Muda
A A A
JAKARTA - Rencana pemberian Soekarno Award kepada Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, dinilai akan membuat nama Soekarno (Bung Karno) dilegitimasi sebagai pelanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Pesan ini disampaikan pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Agung Supriyo. Menurutnya, karena selama ini Korut dikenal sebagai negara pelanggar HAM.

Namun yang menjadi persamaan antara Bung Karno dengan Kim Jong Un, keduanya sama-sama antiterhadap kebijakan Barat. Menurut Agung, di dalam diri Kim terdapat jiwa Soekarno muda.

"Kalau dari sisi sikap terhadap Barat memang mirip dengan Soekarno dan antiterhadap Barat," kata Agung kepada Sindonews, Selasa (1/9/2015).

Lebih lanjut kata Agung, dari sisi ini dirinya sepakat jika Kim Jong Un diberikan Award. "Sudah tepat Ibu Rahma memberikan pengargaan kepada Kim. Justru saya mengatakan Kim itu Soekarnois dalam aspek imperialisme. (Dia) merupakan Soekarno muda melawan Barat," tandasnya.

Sebelumnya, Rachmawati Soekarnoputri akan memberikan penghargaan Soekaeno Award kepada Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Kuba Fidel Castro. (Baca juga: Rachmawati Tetap Beri Soekarno Award ke Kim Jong Un)

Penghargaan tersebut akan diberikan pada 27 September mendatang. Selain Kim Jong Un dan Fidel Castro, Soekarno Awad juga akan diberikan kepada pemimpin sejumlah negara lainnya.

"Antara lain Kim Jong Un dari Korea Utara, Hugo Cavez dari Venezuela, Mahatir Muhammad dari Malaysia, Fidel Castro dari Kuba, Raja Abdullah dari Yordania, dari Maroko King Muhammad VI," kata Rachmawati di Kampus Universitas Bung Karno, Senin 31 Agustus 2015.

Pilihan:

Gerindra Khawatir Kondisi RI Saat Ini Picu Krisis Politik
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)