Cegah Penyalahgunaan Narkoba Mulai dari Diri Sendiri

Rabu, 19 Agustus 2015 - 16:23 WIB
Cegah Penyalahgunaan Narkoba Mulai dari Diri Sendiri
Cegah Penyalahgunaan Narkoba Mulai dari Diri Sendiri
A A A
JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) terus melakukan upaya preventif guna melindungi masyarakat dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Pasalnya saat ini sindikat narkoba juga terus melakukan aksinya dengan mengedarkan narkotika dalam berbagai macam bentuk.

Hal itu disampaikan Penyuluh BNN, Kombes Pol A Chotidjah. Menurutnya, apabila tidak dibekali dengan informasi yang cukup maka akan semakin banyak masyarakat yang tertipu, bahkan terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

"Permasalahan narkoba saat ini semakin kompleks. Sindikat semakin berbahaya dan berani dalam mengedarkan narkoba," kata Chotidjah saat dialog interaktif dengan Srikandi Pemuda Pancasila, di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/8/2015).

Diakui Chtidjah, karena itu butuh aksi bersama dalam melakukan upaya pencegahan agar masyarakat tidak mudah tertipu atau dibujuk oleh sindikat peredaran gelap narkoba. Upaya pencegahan dapat dilakukan mulai dari sendiri, setelah itu keluarga, masyarakat dan bangsa.

“Harus dipastikan bahwa setiap orang harus mampu menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba. Apabila sudah imun maka upaya pencegahan selanjutnya adalah keluarga," ucapnya.

"Keluarga adalah institusi terkecil yang memegang peran penting dalam pembentukan karakter anak. Keluarga yang bahagia diyakini dapat melahirkan pemuda yang cerdas dan sehat, sehingga dapat berguna bagi pembangunan bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sri Rahayu, salah satu peserta yang hadir mengakui pentingnya masyarakat menjaga lingkungannya dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Sebab, seringkali masyarakat tak peduli dengan lingkungannya.

“Menurut saya masyarakat tidak boleh cuek dengan lingkungannya. Karena sikap cuek inilah kemudian yang memudahkan orang-orang dari luar untuk menjual narkoba di lingkungan kita," tuturnya.

"Kalau kita ketat mengawasi lingkungan saya yakin mereka (pengedar) enggak berani jualan. Selama ini kita diam saja. Bahkan ada masyarakat yang melihat tapi takut untuk melapor,” tandas Sri.

Pilihan:

Prabowo: Kita Adalah Benteng Terakhir NKRI

Kritik Pedas Fadli Zon Soal Kegaduhan Rizal Ramli-JK
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4660 seconds (0.1#10.140)