HUT RI, Denny Bikin Puisi Soal Kondisi Indonesia

Senin, 17 Agustus 2015 - 19:27 WIB
HUT RI, Denny Bikin Puisi Soal Kondisi Indonesia
HUT RI, Denny Bikin Puisi Soal Kondisi Indonesia
A A A
JAKARTA - Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyambut 70 tahun kemerdekaan Indonesia dengan membuat puisi yang penuh data dunia.

Dalam pusi esai ini Denny memaparkan sejumlah ranking Indonesia untuk masalah toleransi agama, korupsi, hingga tingkat kebahagiaan hidup di negari ini.

Puisi ini mengisahkan seorang guru agama yang bingung. Di mana sosok guru agama tersebut harus menceritakan apa kepada muridnya, jika pemimpin amanah, kok korupsi merajalela. Jika keberagaman dilindungi, kok tingkat diskriminasinya paling tinggi.

Namun sebagai guru agama, sosok terus mendidik muridnya cinta negara. Walau sang guru sering merasa ditipu daya oleh penguasa.

Di puisi tersebut Denny menulis, masalah toleransi agama, Indonesia termasuk dalam top tujuh terburuk dunia bersama Mesir, Burma dan Rusia. Itu berdasarkan data dari PEW Research Center, 2014.

Sedangkan untuk korupsi, Indonesia juga termasuk buruk, terpuruk diurutan107 dunia. Indonesia kalah bersih soal korupsi dari Malaysia apalagi Singapura. Ini berdasarkan data dari Transparancy Internasional tahun 2014.

Untuk indeks hidup bahagia, Indonesia juga tertinggal jauh berada di urutan ke 76. Penduduk Indonesia kalah dalam indeks bahagia dibandingkan penduduk Vietnam atau Rusia. Data diambil dari SDSN tahun 2015.

Untuk GDP per kapita, Indonesia juga masih tergolong miskin di dunia, berada di peringkat 102, kalah dari Thailand, apalagi Singapura. Data diambil dari WEOD, 2014.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9120 seconds (0.1#10.140)