Divonis 2 Tahun Penjara, Agus Nurpatria Masih Pikir-pikir untuk Banding

Senin, 27 Februari 2023 - 11:17 WIB
loading...
Divonis 2 Tahun Penjara, Agus Nurpatria Masih Pikir-pikir untuk Banding
Terdakwa perkara Obstruction of Justice kasus pembunuhan Brigadir J, Agus Nurpatria masih berpikir untuk mengajukan banding atas vonis 2 tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim PN jaksel. Foto/MPI
A A A
JAKARTAA - Terdakwa perkara Obstruction of Justice kasus pembunuhan Brigadir J, Agus Nurpatria masih berpikir untuk mengajukan banding atas vonis 2 tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Sikap itu dinyatakan Agus saat Ketua Majelis Hakim Ahmad Suhel menanyakan sikapnya terhadap putusan tersebut. Hakim Suhel mengatakan bahwa Agus mempunyai pilihan dalam merespons putusan yang diberikannya.

"Terhadap putusan ini, ada hal saudara untuk terima, atau tidak terima kemudian menyatakan banding, atau berpikir terlebih dahulu selama 7 hari untuk saudara terima atau tidak terima," tutur Hakim Suhel.



Tak panjang lebar, Agus Nurpatria pun langsung merespons pilihan yang dijabarkan oleh Hakim Suhel. "Pikir-pikir dulu," beber Agus.

Sebelumnya, Agus Nurpatria dijatuhi hukuman pidana penjara selama 2 tahun penjara dan denda senilai Rp20 juta subsider 3 bulan kurungan penjara oleh Majelis Hakim PN Jaksel.

Agus dinyatakan terbukti secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana dalam perkara perintangan penyidikan terkait tewasnya Brigadir J.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Agus Nurpatria Adi Purnama berupa pidana penjara 2 tahun dan denda Rp20 juta subsider 3 bulan kurungan," kata Hakim Afrizal.

Vonis itu, lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni dengan pidana penjara 3 tahun dan denda senilai Rp20 juta subsider 3 bulan kurungan penjara.

Dalam perkara itu, JPU meyakini Agus telah meminta Irfan Widyanto untuk mengamankan CCTV Kompleks Duren Tiga Nomor 46 tanpa ada surat perintah yang sah.

Atas perbuatannya, Agus diyakini JPU telah melanggar Pasal 49 jo Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)