Kapolri Terjun ke Hutan Kerinci, Kawal Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi

Selasa, 21 Februari 2023 - 12:38 WIB
loading...
Kapolri Terjun ke Hutan Kerinci, Kawal Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan ke Jambi untuk melihat langsung proses evakuasi dan penyelamatan penumpang helikopter yang mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan ke Jambi untuk melihat langsung proses evakuasi dan penyelamatan penumpang helikopter yang mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi. Helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusi Hartono itu mendarat darurat di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat pada Minggu (19/2/2023).

"InsyaAllah Kapolri juga melakukan kunjungan ke Jambi untuk melihat bagaimana proses evakuasi dan penyelamatan terhadap korban yang ada di Taman Nasional Kerinci Seblat," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Menurut Dedi, Kapolri langsung terbang ke Jambi usai mengikuti kegiatan Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin. "Beliau masih ada kegiatan dengan Pak Wapres nanti selesai kegiatan beliau akan terbang ke Jambi untuk melihat bagaimana proses evakuasi yang dilaksanakan dengan tim yang ada di sana," jelas dia.

Baca juga: Helikopter Mendarat Darurat di Kerinci, Kapolda Jambi Alami Patah Tangan

"Sekali lagi mohon doanya semoga proses evakuasi pada hari ini bisa dilaksanakan dengan maksimal," kata Dedi.

Polri mengatakan, saat ini tim SAR gabungan telah memprioritaskan evakuasi empat korban dari rombongan helikopter Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu (19/2/2023).

Dalam hal ini, Dedi Prasetyo menyebut empat korban yang diprioritaskan evakuasi tersebut adalah Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Kapten Pilot AKP Ali Nurdin Harahap, Copilot AKP Amos Freddy Sitompul, serta satu korban lainnya sesuai dari assesment tim medis di lokasi.

"Prioritas adalah empat korban, yaitu kapolda, kapten pilot, copilot dan satu korban lainnya. Satu korban lainnya nanti tim medis yang ada di darat yang akan menentukan assessmennya, sehingga empat ini bisa dievakuasi dengan skala prioritas tersebut," kata Dedi kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Untuk diketahui, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono bersama rombongan mendadak mendarat darurat. Heli tersebut mendarat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu (19/2/2023).

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto membenarkan adanya kejadian tersebut. "Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 itu memang benar membawa Kapolda Jambi beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci," katanya.

Dia menambahkan, penumpang helikopter yang mendampingi Kapolda Jambi, di antaranya Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan dan Koorspri Kompol Ayani serta ADC.

"Mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci. Untuk seluruh penumpang saat ini dalam keadaan selamat," kata Mulia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7259 seconds (0.1#10.140)