Pengamat Apresiasi Diplomasi Hijau RI-Timor Leste

Jum'at, 31 Juli 2015 - 13:55 WIB
Pengamat Apresiasi Diplomasi Hijau RI-Timor Leste
Pengamat Apresiasi Diplomasi Hijau RI-Timor Leste
A A A
DILI - Langkah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bekerja sama dengan Lementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan bantuan puluhan ribu bibit pohon ke Pemerintah Timor Leste diapresiasi.

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas NH Kertapati menilai penghijauan adalah kebutuhan di semua negara, tidak terkecuali Timor Leste.

Apa yang dilakukan Kopassus melalui Paguyuban Budiasi merupakan langkah yang tepat dalam membantu penghijauan di Timor Leste.

"Ini bukan saja soft diplomacy tapi ke depan bagaimana membangun kerja sama yang lebih kondusif, dimulai dari diplomasi hijau yang dilaksanakan Paguyuban Budiasi yang dipimpin Mayor Jenderal Doni Monardo," ujar Susaningtyas, Kamis 31 Juli 2015. (Baca: Kopassus Beri 50 Ribu Bibit Pohon ke Timor Leste)

Mantan anggota Komisi I DPR ini berharap, diplomasi hijau ini bisa membangun kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak secara komprehensif.

"Harapannya ke depan ini bisa membuka suatu kerja sama yang lebih luas," ucapnya.

Kopassus dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan 50.000 bibit pohon kepada pemerintah Republic Democratic Timor Leste.

Pemberian tersebut ditandai dengan penanaman bibit pohon di Kebun Bibit Distrik Liuica Maubara, Timor Leste, Kamis 30 Juli 2015.

Pemberian tersebut merupakan bagian dari pembahasan Rancangan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) lintas negara dan realisasi program Hijau Untuk Timor Leste (Green For Timor Leste) yang telah dicanangkan Kopassus.


PILIHAN:


Kekuatan Marinir Indonesia Masuk Tiga Besar Dunia
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2697 seconds (0.1#10.140)