Masa Sidang Berakhir, DPR Belum Selesaikan Satu pun RUU

Selasa, 07 Juli 2015 - 17:30 WIB
Masa Sidang Berakhir, DPR Belum Selesaikan Satu pun RUU
Masa Sidang Berakhir, DPR Belum Selesaikan Satu pun RUU
A A A
JAKARTA - Hari ini adalah hari terakhir masa sidang IV DPR tahun 2014-2015. DPR akan memasuki masa reses pada Rabu 8 Juli 2015 hingga pertengahan Agustus mendatang.

Hingga penutupan masa sidang hari ini, DPR belum menyelesaikan satupun rancangan undang-undang (RUU) yang telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2015.

Menurut Ketua DPR Setya Novanto, DPR dan pemerintah dituntut untuk lebih konsentrasi dalam melaksanakan fungsi legislasi.

"Banyak tunggakkan RUU yang harus diselesaikan. Dari 39 RUU, DPR baru sebatas akan melaksanakan pembahasan empat RUU usul pemerintah," ujar Setya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Empat RUU yang baru sebatas menjadi bahan pembahasan, kata Setya, yakni RUU tentang Merek, RUU Tentang KUHP, RUU tentang Paten, dan RUU Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Dia menjelaskan, Badan Musyawarah (Bamus) telah menetapkan alat kelengkapan (AKD) yang akan melaksanakan pembahasan bersama pemerintah. Namun, keempat RUU tersebut akan dimulai pembahasannya di masa sidang yang akan datang.

‎"Sementara, enam RUU masih dalam tahap harmonisasi di Badan Legislasi (Baleg)," katanya.

Adapun enam RUU yang masih dalam tahap harmonisasi, yakni RUU Pertanahan, RUU Jasa Konstruksi, RUU Pertembakauan, RUU Kebudayaan, RUU Sistem Pembukuan, serta RUU tentang Perlindungan ‎dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan juga Petambak Garam.

‎Setya melanjutkan, saat ini terdapat tiga RUU usul inisiatif DPR‎ yang menunggu respons Presiden untuk bisa dibahas bersama antara pemerintah dengan DPR pada masa sidang yang akan datang.

"RUU tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), RUU tentang Penjaminan, dan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol," tandasnya.

PILIHAN:


Jika Absen Rapat Lagi, DPR Ancam Panggil Paksa Menaker
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4242 seconds (0.1#10.140)