Pesan Jokowi ke Menhan Terkait Kasus Hercules

Rabu, 01 Juli 2015 - 14:48 WIB
Pesan Jokowi ke Menhan Terkait Kasus Hercules
Pesan Jokowi ke Menhan Terkait Kasus Hercules
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko segera menyikapi musibah jatuhnya pesawat Hercules milik TNI di Medan, Sumatera Utara.

Jokowi meminta keduanya untuk melakukan perombakan yang mendasar mengenai manajemen alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menegaskan kepada keduanya untuk mengubah sistem pengadaan alutsista.

"‪Tidak boleh lagi hanya membeli senjata tetapi juga bergeser ke modernisasi sistem persenjataan, industri pertahanan kita harus terlibat mulai dari rancang bangun, produksi, operasional," tutur Jokowi usai peringatan Hari Bhayangkara ke-69 tahun 2015 di Mako Brimob Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7/2015).

Dia mengungkapkann yang paling utama adalah pengadaan alutsista harus diarahkan kepada kemandirian industri pertahanan.

‪Jokowi juga ingin TNI memperkuat sistem nol kecelakaan untuk penggunaan aslutsista TNI. "Pesawat tempur, angkut, kapal perang, kapal selam hingga helikopter serta prajurit TNI yang menggunakannya harus berada dalam kesiapan operasional yang tinggi," tutur mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas peristiwa jatuhnya pesawat Hercules itu. "Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kekuatan," ungkapnya.

Dia mengaku telah memerintahkan dilakukannya investigasi yang mendalam mengenai penyebab kecelakaan tersebut.


PILIHAN :


Kasus Hercules Jadi Pelajaran Panglima TNI Baru
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6256 seconds (0.1#10.140)