Sekolah Politik Tingkatkan Nilai Tawar Calon Kepala Daerah PDIP

Selasa, 30 Juni 2015 - 18:45 WIB
Sekolah Politik Tingkatkan Nilai Tawar Calon Kepala Daerah PDIP
Sekolah Politik Tingkatkan Nilai Tawar Calon Kepala Daerah PDIP
A A A
JAKARTA - Sekolah politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sangat berguna, baik bagi calon kepala daerah dari PDIP sendiri maupun bagi Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan, dari sisi calon sendiri memiliki nilai positif di masyarakat bahwa yang bersangkutan telah dididik dengan baik.

"Di sisi pemerintah, kalau yang dilakukan PDIP di sekolah partai sudah benar, mengisi para calon dengan ideologi partai, tentu akan membantu pemerintahan. Sebab Jokowi juga dulu maju dari ideologi yang sama. Artinya pusat dan daerah lebih sejalan," ujar Lucius, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Dia menyarankan sekolah politik PDIP itu sebaiknya dilaksanakan secara berkelanjutan, bukan hanya terhadap calon kepala daerah, tapi terhadap calon legislatif yang diusung partai itu.

"Saya kira bagus ada upaya dari parpol menanamkan ideologi partai atau garis-garis perjuangan partai. Sebab idealnya, ketika para calon ini diusung partai, misalnya PDIP, maka memang harus dibekali ideologi partainya," ucapnya.

Menurutnya, proses calon kepala daerah tidak boleh dilakukan secara instan, namun harus bertahap dan berjenjang. Alasannya, kaderisasi dan pendidikan politik harus dilaksanakan secara holistik.

Lanjutnya, model pendidikan tersebut sangat baik dalam memastikan kader parpol benar-benar terdidik. Dia menambahkan, program ini sangat tepat jika dilaksanakan untuk calon legislatif yang diusung PDIP berikutnya.

"Siapapun calon pemimpin dan wakil rakyat, tidak boleh dibiarkan maju oleh parpol dengan hampa tanpa diisi ideologi," tandasnya.

Baca: PDIP Sekolahkan 137 Calon Kepala Daerah.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8105 seconds (0.1#10.140)