Ini Sikap 10 Fraksi Soal Kepala BIN Sutiyoso

Selasa, 30 Juni 2015 - 18:35 WIB
Ini Sikap 10 Fraksi Soal Kepala BIN Sutiyoso
Ini Sikap 10 Fraksi Soal Kepala BIN Sutiyoso
A A A
JAKARTA - Seluruh fraksi partai politik di DPR secara bulat mendukung Sutiyoso menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN). Hal tersebut terangkum dalam laporan uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Komisi I DPR terhadap Sutiyoso.

"Calon Kepala BIN telah berikan pemaparan secara baik dan komprehensif," kata Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq di ruang rapat Komisi I, Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2015).

Berilut petikan pendapat 10 fraksi dalam uji kelayakan dan kepatutan terhadap Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN:

1. Fraksi Hanura mendukung.

2. Fralsi Nasdem mendukung dengan catatan agar Kepala BIN membangun komunikasi dan kerjasama dengan DPR.

3. Fraksi PPP mendukung calon Kepala BIN dengan catatan, Kepala BIN harus berani memberi masukan kepada presiden sebagai end user apapun risikonya.

4. Fraksi PKS menerima dengan mengingatkan DPR punya fungsi pengawasan internal dan tim pengawas intelijen dibuat dalam waktu dekat.

5. Fraksi PKB mendukung.

6. Fraksi PAN mendukung.

7. Fraksi Demokrat setuju dengan catatan agar Kepala BIN bisa mengefektifkan fungsi koordinasi di internal BIN. Agar Kepala BIN yang baru menegakkan netralitas sebagai asas kinerja BIN dan tak terjebak sikap partisan.

8. Fraksi Gerindra mendukung. Pesan khusus dari Rachel Maryam agar Kepala BIN yang baru bekerja lebih bagus dari pendahulunya.

9. Fraksi Golkar menerima dengan tiga catatan. Bisa meningkatkan kerjasama dengan DPR. Memastikan presiden sebagai end user BIN sebagai sumber resmi dalam mengambil kebijakan. Mengingatkan Kepala BIN, selama ini menjadi publik figur, selama jadi Kepala BIN harus menyesuaikan cara berkomunikasinya.

10. Fraksi PDIP secara bulat mendukung dengan catatan agar dalam menjalankan tugas selalu tunduk kepada Undang-undang dan sepenuhnya beorientasi terhadap kepentingan negara, bukan kelompok.

PILIHAN:

Sutiyoso Beberkan Potensi Ancaman yang Mengintai Indonesia

Tok! Komisi I Dukung Sutiyoso Jadi Kepala BIN
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5788 seconds (0.1#10.140)