Incar Dana Aspirasi, PKB Bermimpi Jadi Partai Besar

Jum'at, 26 Juni 2015 - 09:34 WIB
Incar Dana Aspirasi, PKB Bermimpi Jadi Partai Besar
Incar Dana Aspirasi, PKB Bermimpi Jadi Partai Besar
A A A
JAKARTA - Beda pendapat yang ditunjukkan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam pengajuan dana aspirasi di DPR dinilai sebagai strategi mendongkrak pamor menjadi partai besar.

Pengamat Politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus mengatakan, dana aspirasi akan sangat membantu tugas partai dalam mengejar popularitas di dapil. Sebagai partai papan tengah, PKB sangat berkepentingan terhadap suksesnya pengajuan dana aspirasi.

"PKB sebagai partai menengah pasti berkepentingan dengan dana politik ini demi mengejar mimpi menjadi partai besar. Misi ini jelas tak bisa begitu saja disamakan dengan PDIP yang sudah punya sumber keuangan lain untuk kerja politik di dapil," ujar Lucius saat dihubungi Sindonews, Jumat (26/6/2015).

Lucius melanjutkan, kebutuhan dana bagi dapil adalah riil bagi anggota. Sementara itu, peluang dana aspirasi bisa menjawab tuntutan kebutuhan tersebut.

Sehingga, koalisi yang dipelihara untuk bargaining posisi di parlemen jelas tidak punya kepentingan langsung dengan dana ini. "Yang pasti ini bukan strategi KIH, tetapi strategi PKB yang akhirnya melahirkan perbedaan sikapnya dengan tiga fraksi sekoalisi di DPR."

"Apalagi dengan sikapi itu peluang merealisasikan dana sangat besar, karena PKB bersekutu dengan mayoritas fraksi," imbuhnya.

PILIHAN:
Misbakhun Tegaskan Dana Aspirasi Sesuai Amanat UU

Dana Aspirasi, Berkah atau Bencana?
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4856 seconds (0.1#10.140)