Sergey Kovalev vs Thabiso Mchunu Semifinal Eliminasi WBC demi Juara 2 Divisi

Rabu, 01 Februari 2023 - 17:27 WIB
loading...
Sergey Kovalev vs Thabiso Mchunu Semifinal Eliminasi WBC demi Juara 2 Divisi
Sergey Kovalev vs Thabiso Mchunu Semifinal Eliminasi WBC demi Juara 2 Divisi/Ringtv
A A A
Sergey Kovalev akan menghadapi Thabiso Mchunu dalam semifinal eliminasi WBC kelas penjelajah. Pertarungan ini menjadi jalan bagi Sergey Kovalev dalam usahanya untuk menjadi pemegang gelar juara dunia dua divisi setelah kelas berat ringan WBO.

BoxingScene.com telah mengkonfirmasi bahwa WBC telah memesan pertandingan semifinal eliminasi kelas penjelajah antara Sergey Kovalev dari Rusia dan Thabiso Mchunu asal Afrika Selatan. Kedua belah pihak memiliki waktu hingga 24 Februari untuk mencapai kesepakatan untuk pertarungan yang diusulkan di mana pemenangnya akan menjadi penantang nomor dua dalam peringkat kelas penjelajah WBC.



Gelar tersebut saat ini dipegang oleh Ilunga 'Junior' Makabu (29-22, 25KO), yang selanjutnya akan menghadapi mantan pemegang gelar dua divisi, Badou Jack, dalam sebuah pertarungan untuk mempertahankan gelar. Pertandingan ini akan berlangsung pada kartu pertandingan di bawah pay-per-view Jake Paul-Tommy Fury ESPN+ pada tanggal 26 Februari di Riyadh, Arab Saudi. Pemenangnya akan menghadapi penantang wajib Noel Gevor Mikaelyan, diikuti oleh pemenang dari Kovalev-Mchunu sebagai penantang wajib kedua.

Kovalev (35-4-1, 29KO) menikmati debutnya yang sukses di divisi cruiserweight dalam laga terakhirnya, saat ia mengungguli petinju tak terkalahkan Tervel Pulev dalam sepuluh ronde pada 14 Mei lalu di The Forum, Inglewood, California. Pertarungan tersebut adalah yang pertama sejak kekalahan KO pada ronde kesebelas dari Saul 'Canelo' Alvarez pada bulan November 2019, dan mengakhiri masa kejayaannya di kelas berat ringan.

Ada suatu masa ketika Kovalev dianggap sebagai petinju kelas berat ringan terbaik di planet ini dan salah satu petarung terbaik dalam olahraga ini. Masa kejayaannya dimulai dengan kemenangan KO pada bulan Agustus 2013 atas pemegang gelar WBO yang tak terkalahkan, Nathan Cleverly, dan kemudian menambahkan sabuk WBA dan IBF dalam sebuah kemenangan KO pada bulan November 2014 atas Bernard Hopkins.

Kovalev melihat perjalanannya berakhir dengan kekalahan pada November 2016 dari Andre Ward, yang mencetak kemenangan KO pada ronde kedelapan untuk mengalahkan Kovalev pada pertandingan ulang mereka di bulan Juni 2017. Kovalev mengalami masa-masa perebutan gelar yang jauh lebih singkat dalam masa kejayaannya yang kedua dan ketiga, serta kini - di usianya yang ke-39 - berada di penghujung kariernya saat ia mengincar gelar juara divisinya yang kedua.



Mchunu (23-6, 13KO), 34, telah dua kali gagal dalam perebutan gelar, walau ia harus mengakui bahwa ia sangat dirugikan dalam percobaan terakhirnya.
Petinju veteran berkuda-kuda southpaw asal KwaZulu-Natal, Afrika Selatan ini dianggap kurang beruntung karena kalah dalam keputusan terbelah, split decision, yang memenangkan Makabu dalam laga perebutan gelar WBC mereka pada 29 Januari lalu di Warren, Ohio.

Sebagian besar pengamat berpendapat bahwa Mchunu telah melakukan cukup banyak hal untuk menang, namun ia hanya mampu menang atas keputusan juri Nathan Palmer (115-113), yang dimentahkan oleh juri Steve Weisfeld (115-113) dan Jamie Garyua (116-112), yang memutuskan untuk memenangkan Makabu pada laga ulang mereka.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)