Kopassus Harus Jalankan Prinsip 3S

Rabu, 03 Juni 2015 - 00:40 WIB
Kopassus Harus Jalankan Prinsip 3S
Kopassus Harus Jalankan Prinsip 3S
A A A
JAKARTA - Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) diminta untuk menerapkan 3S (Senyum, Sapa, Salam) agar insiden keributan tidak terulang kembali.

Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati mengatakan, Danjen Kopassus Mayor Jenderal Doni Monardo menyampaikan visi brilian yakni menekankan agar prajurit menjaga silaturahmi dan saat berjumpa dengan siapapun harus melakukan 3S (senyum, sapa, salam) dan tidak melakukan 3M (melotot, marah, memukul).

Hal ini sangat bermanfaat bagi soliditas pasukan serta baik bagi hubungan silaturahmi dengan pihak-pihak lain utamanya dari matra TNI lain dan Polri serta komponen masyarakat, sehingga tak perlu lagi ada peristiwa seperti yang baru saja terjadi.

"Ini seharusnya dihayati oleh semua prajurit Kopassus. Kopassus melalui Danjen telah memohon maaf kepada keluarga almarhum dan telah memberikan santunan saat jenazah tiba di Halim Perdanakusuma. Keluarga almarhum juga akan dibantu biaya hidup dan sekolah anaknya. Saya rasa perlu diapresiasi langkah Danjen yang cepat menangani ini," ujarnya.

Mantan anggota Komisi I DPR RI juga mengapresiasi langkah Danjen Kopassus dan peran aktif Polres Sukohardjo dan POM AU yang telah memberikan info sehingga Kopassus tidak kesulitan dalam mengungkap peristiwa ini.

"Bagus sekali, untuk selanjutnya kasus ini 100 % diserahkan kepada Pomdam Diponegoro. Apalagi, arahan KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo tidak perlu ditutupi," ucapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4308 seconds (0.1#10.140)