Menteri Yuddy Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unas

Sabtu, 23 Mei 2015 - 10:45 WIB
Menteri Yuddy Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unas
Menteri Yuddy Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unas
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi dikukuhkan menjadi Guru Besar Universitas Nasional (Unas) bidang Ilmu Pembangunan Ekonomi Industri dan Kebijakan Publik.

Pengukuhan politikus Partai Hanura itu digelar di halaman Kampus Unas Jalan Sawo Manila, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan, Sabtu (23/5/2015).

Dalam pidato pengukuhnnya yang berjudul Pembangunan Ekonomi Industri dan Kebijakan Publik untuk Kesejahteraan Rakyat itu, Yuddy mengingatkan pentingnya bangsa Indonesia menjadi negara yang kuat dan hebat.

"Kuat, terhormat di tengah pergaulan antarbangsa di dunia dan memberikan kemakmuran seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia," ujar Yuddy Sabtu (23/5/2015).

Yuddy menilai industri yang dikembangkan bukan untuk mengejar ketertinggalan atau bertarung dengan negara industri lain, tetapi ketepatan Indonesia mengambil keputusan untuk mengembangkan industri yang memiliki keunggulan komparatif.

"Indonesia harus berani ambil keputusan. Industri mana yang mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan daya beli rakyat, perluasan lapangan kerja dan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Ini yang harus dilakukan," tuturnya.

Meski demikian pria kelahiran Bandung 29 Mei 1968 itu menilai pembangunan ekonomi industri yang memiliki keunggulan komparatif lokal tetap menekankan pentingnya kelestarian lingkungan hidup dalam memanfaatkan sumber daya alam sebagai material industri.

"Pembangunan industri ekstraktif tanpa meninggalkan industri berteknologi tinggi ditambah ketersediaan bahan baku dan tenaga kerja sehingga mampu meningkatkan pendapatan nasional," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4527 seconds (0.1#10.140)