Anakmu Bukan Milikmu

Rabu, 20 Mei 2015 - 10:30 WIB
Anakmu Bukan Milikmu
Anakmu Bukan Milikmu
A A A
Anakmu bukanlah milikmu,mereka adalah putra-putri sang Hidup,yang rindu akan dirinya sendiri.

Mereka lahir lewat engkau,tetapi bukan dari engkau,mereka ada padamu, tetapi bukanlah milikmu Demikian penggalan puisi dari penyair asal Lebanon Kahlil Gibran dalam buku Sang Nabi yang cukup terkenal. Cukup mudah memaknai puisi di atas. Pesan yang ingin disampaikan, seorang anak adalah titipan Tuhan. Sebagai orang tua, kita dititipi Tuhan untuk menjaganya.

Layaknya menjaga sebuah titipan, tentu orang tua harus menjaganya. Dengan cara apa, jika tidak bisa memberikan sesuatu yang baik, setidaknya tidak memberikan hal-hal yang buruk atau menyakitkan kepada sang anak. Makna puisi di atas cukup jauh dari beberapa kasus yang mencuat beberapa hari kemarin.

Di Cibubur, Kota Bekasi, Jawa Barat dan Samarinda, Kalimantan Timur, bagaimana anak diperlakukan jauh dari arti sebuah titipan yang harus dijaga. Apalagi yang menitipkan itu adalah Tuhan. Sungguh terlalu apa yang dilakukan para orang tua yang justru menyiksa, menelantarkan, bahkan membunuh anak sendiri. Jika memaknai puisi di atas, seharusnya orang tua menjaga dengan baik karena memang titipan Tuhan, bukan malah menyiksa, menelantarkan, bahkan membunuhnya.

Kita tentu prihatin jika melihat angka yang disodorkan pemerintah bahwa masih ada sekitar 4,1 juta anak yang menghadapi masalah sosial. Masalah sosial di sini adalah anak menjadi korban kekerasan, hidup di jalanan hingga harus berhadapan dengan kasus hukum. Jika semua orang tua di Indonesia ini mampu melaksanakan pesan dari puisi Kahlil Gibran di atas, tentu tidak akan terjadi kasus-kasus seperti di Cibubur maupun di Samarinda.

Bahkan bisa jadi tidak ada angka 4,1 juta anak yang terkena masalah sosial. Masalah sosial memang berkembang dinamis. Masalah sosial saat ini tentu semakin kompleks dibandingkan 10 tahun yang lalu. Apesnya, ketika orang tua gagal mengatasi masalah sosial tersebut, yang menjadi korban justru anak-anak. Kehidupan sosial yang semakin mengedepankan materi dan lebih individualistis menjadikan anak sebagi objek sosial bagi orang tua.

Artinya, orang tua yang mendapat titipan anak justru menginginkan anaknya tumbuh bukan atas keinginan si anak, tetapi atas keinginan orang tua. Anakanak tumbuh berdasarkan keinginan orang tua, bukan atas keinginan anak itu sendiri. Pemikiran orang tua justru mendominasi pertumbuhan anak. Jika pemikiran orang tua ini tidak berjalan semestinya, lagi-lagi anak yang justru jadi korban.

Masih banyak orang tua yang lebih banyak menginginkan anaknya menjadi A, harus pintar sepintar B, harus mampu melakukan C, dan sebagainya. Nah, ada baiknya kita baca lagi penggalan puisi Kahlil Gibran yang merupakan lanjutan penggalan puisi di atas:

Berikanlah mereka kasih sayangmu,namun jangan sodorkan pemikiranmu,sebab pada mereka ada alam pikiran tersendiri Patut kau berikan rumah bagi raganya,namun tidak bagi jiwanya, sebab jiwa mereka adalah penghuni rumah masa depan,yang tiada dapat kau kunjungi,sekalipun dalam mimpimu Engkau boleh berusaha menyerupai mereka,namun jangan membuat mereka menyerupaimu,sebab kehidupan tidak pernah berjalan mundur,ataupun tenggelam ke masa lampau Memaknai puisi Kahlil Gibran hanyalah salah satu pesan bagaimana orang tua harus mendidik anaknya.

Masih banyak pesan moral agar orangtua bisa menjaga anaknya tumbuh dengan baiksesuai keinginan kita. Namun dengan satu pesan tersebut, setidaknya akan mencegah terjadinya kasus di Cibubur dan Samarinda.
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4584 seconds (0.1#10.140)